TEKS, GAMBAR & GRAFIK
TEKS (TEXT)
Jenis-jenis Teks:
1.Plain Text (Unformatted Text)
- Teks
adalah
data dalam
bentuk
karakter.
- Teks
dalam
hal
ini
adalah
kode
ASCII (American Standard Code
for Information
Interchange) dan
ASCII extension seperti
UNICODE murni. Tiap-tiap
karakter
direpresentasikan oleh 7 bit
“binary digit” (desimal = 0-127).
- Contoh
plain text adalah
pada
saat
kita
mengetik
dengan
menggunakan
notepad (.txt).
2. Formatted Text (Rich Text
Format)
- Serangkaian karakter format yang telah
didefinisikan. Contoh rich text adalah pada saat
kita mengetik dengan menggunakan
Wordpad
(.rtf).
- Pada Wordpad plain teks telah diformat sedemikian rupa dengan menggunakan
aturan
(tag/tanda)
tertentu
sehingga
teks
tersebut dapat
dibold,
italics, underline, diwarna, diganti
font, dan lain-lain.
- Terdapat 2 jenis formated text, yaitu bitmapped fonts dan
outline fonts.
3. Hypertext
- Diperkenalkan oleh Ted Nelson (1965)
- Hypertext adalah
teks
yang memiliki
fasilitas
linking.
à Contoh hypertext :
Merupakan
standard bahasa
yang digunakan
untuk
menampilkan
document web. Yang bisa
kita
lakukan
dengan
HTML yaitu:
- Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.
- Mempublikasikan document secara online sehingga bisa di akses
dari
seluruh
dunia.
- Membuat online form yang bisa
di gunakan
untuk
menangani
pendaftaran,
transaksi
secara
online.
- Menambahkan object-object seperti
image, audio, video dan
juga java applet dalam
document HTML.
- Mendukung link (sebuah hubungan dari satu dokumen ke
dokumen
lain) antar
dokumen.
Link pada
umunya
berwarna
biru,
dan
jika
sudah
pernah
diklik
berwarna
ungu.
Keunggulan dan keuntungan dari XML adalah:
- Simple, karena XML tidak serumit HTML, strukturnya jelas, dan
sederhana.
- Intelligence, karena
XML mampu
menangani
berbagai
komplesitas
markup bertingkat-tingkat.
- Portable, karena
memisahkan
data dan
presentasi
- Fast, pencarian data cepat
- Extensible, dapat
ditukar/digabung
dengan
dokumen
XML lain.
- Linking, XML dapat
melakukan
linking yang lebih
baik
daripada
HTML, bahkan
dapat
melink
satu
atau
lebih
poin
dari
dalam
maupun
luar
data.
- Maintenance, XML mudah
untuk
diatur
dan
dipelihara,
karena
hanya
berupa
data, stylesheet dan link terpisah dari XML.
GAMBAR
(IMAGE)
Gambar
(image) merupakan suatu
representasi
spatial dari suatu
obyek,
dalam
pandangan
2D atau 3D.
Nilai
intensitas
warna
pada
suatu
pixel disebut
gray scale level.
GRAFIK (GRAPHICS)
Grafik
ditampilkan
sebagai
sebuah
ilustrasi
yang jelas
dan
tegas
dalam
mempresentasikan informasi yang dapat dilihat melalui suatu
permukaan
disebuah
dinding,
canvas, layar
komputer,
kertas,
dll.
Ada 2 jenis grafik:
1. Raster: dimana setiap pixel didefinisikan secara terpisah.
2. Vector: dimana formula matematika digunakan untuk menggambar
graphics primitives (garis,
kotak,
lingkaran,elips, dll) dan
menggunakan
attributnya.
Gambar
vektor
biasanya
berukuran
lebih
kecil,
gambar
tidak
pecah,
semua
manipulasi
dilakukan
melalui
rumus.
Grafik
tidak
hanya
terdiri
dari
gambar-gambar statis. Grafik tersebut
dapat
dimanipulasi secara dinamis:
Transmisi berdasar format representasi gambar :
1.Raw image data transmission
●
• Gambar di-generate melalui
video digitizer dan ditransmisikan dalam
format digital dari video digitizer.
• Kapasitas transmisi = spatial resolution * pixel
quantization
• Contoh:
Gambar
dengan
resolusi
640 x 480 pixel dengan pixel quantization 8
bit per pixel. Maka untuk transmisi diperlukan 307200 bytes pada
jaringan
komputer.
2. Compressed image data
transmission
• Gambar di-generate oleh
video digitizer dan dikompres terlebih
dahulu
sebelum
ditransmisikan.
• Penurunan ukuran gambar tergantung pada metode kompresi dan
compression rate yang dipergunakan.
• Contoh : JPEG, MPEG
3. Symbolic image data transmission
• Gambar di presentasikan melalui symbolic data representation
sebagai
image primitive (bentuk dasar 2D atau 3D), atribut, dan
informasi
kontrol
lain.
• Metode ini dipergunakan dalam computer graphics.
Contoh:
- VGA – 8 bit compatible
- SVGA - 24 bit compatible
pada
jaringan
dengan
kecepatan
64 Kbps dan
1.5 Mbps?
VGA
à
640 x 480 x 8 = 2457600 bits
SVGA
à
1024 x 768 x 24 = 18874368 bits
VGA
= 2457600 b
= 38,4 s
64000 b
SVGA = 18874368 b =
294,912 s
64000 b
VGA
= 24576000 b = 16,348 s
1500000b
SVGA = 18874368 b = 12.5829 s
1500000 b
FORMAT
FILE GAMBAR
Bitmap (.BMP)
- Format gambar yang paling umum
dan
merupakan
format standar
Windows.
- Ukuran filenya sangat besar karena bisa mencapai ukuran
Megabytes.
- File ini merupakan format yang belum
terkompresi
dan
menggunakan
sistem
warna
RGB (Red, Green, Blue) dimana masing-masing warna
pixelnya
terdiri
dari
3 komponen,
R, G, dan
B yang dicampur
menjadi
satu.
- File BMP dapat dibuka dengan berbagai macam software pembuka
gambar
seperti
ACDSee,
Paint, IrvanView
dan
lain-lain.
- File BMP tidak bisa (sangat jarang) digunakan di web (internet)
karena
ukurannya
yang besar.
Joint Photographic Expert Group
(.JPEG/JPG)
- Format JPG merupakan
format yang paling terkenal sekarang ini.
-
- Hal ini karena sifatnya yang berukuran kecil (hanya puluhan/ratusan
KB saja),
dan
bersifat
portable.
- File ini sering digunakan pada bidang fotografi untuk menyimpan file
foto.
- File ini bisa digunakan di web (internet).
Graphics Interchange Format (.GIF)
- Format GIF ini
berukuran
kecil
dan
mendukung
gambar
yang terdiri
daribanyak
frame sehingga
bisa
disebut
sebagai
gambar
animasi
(gambar
bergerak)
- Format ini sering sekali digunakan di internet untuk
menampilkan
gambar-gambar di web.
Portable Network Graphics (.PNG)
- Format yang standar
dan
sering
digunakan
di internet untuk
menampilkan
gambar
atau
pengiriman
gambar.
- Ukuran file ini cukup kecil dan setara dengan ukuran gif dengan
kualitas
yang bagus.
Namun
tidak
mendukung
animasi
(gambar
bergerak).
Sebenarnya masih banyak format file gambar lain seperti:
1.TIFF (Tagged Image File Format),
2.ICO (Icon),
3.EMF (Enchanced Windows Metafile),
4.PCX,
5.ANI (Animation),
6.CUR (Cursor),
7.WBMP (WAP BMP),
8.PSD (Adobe Photoshop Document), dan
9.CDR (Corel Draw).
Komentar
Posting Komentar